International Conference on Science and Technology oleh FIS UNM melibatkan 8 Pembicara dari 6 Negara

Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) hari ini Kamis, 16 Oktober 2020 menyelenggarakan Konferensi Internasional dengan mengambil tema “Transformasi Pendidikan untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju”. Bersama dengan 13 anggota konsorsium Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Ini adalah penyelenggaraan ketiga yang sebelumnya dilaksanakan di Surabaya tahun 2019 lalu.

Pembukaan oleh Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Husain Syam, M.TP

Upacara seremoni pembukaan dilaksanakan dengan sistem blanded. Dibuka oleh Rektor UNM Prof. Husain Syam. M.TP pada ruang Ballroom Teater Pinisi UNM Bersama civitas akademika UNM. Sementara itu anggota konsorsium mengikutinya melalu daring melalui Zoom Cloud Meeting serta dari para peneliti atau author dan dari partisipan.

Seminar pembuka menghadirkan 8 pembicara dari 6 negara yakni James Cullin (Kanada), Darulihsan bin Abdul Hamid, Ram Al Jaffri Saad (Malaysia), Nadirsyah Hosen (Australia), Kenji Arakawa (Jepang), Larry Lay (Singapore) dan Haedar Akib, (Indonesia).

Untuk seminar IJCST dipanel menjadi 2 sesi yakni International Conference on Social Science (ICSS) & International Conference on Science Technology (ICST) secara paralel dilaksanakan full daring. Topik berfokus pada bidang ilmu sosial, pendidikan & teknologi. Menurut Dr. Risma Niswati dan Dr. Supriadi Torro selaku Ketua dan Sekretaris Panitia, menuturkan bahwa “makalah sebanyak 385 yang telah direview akan dipublikasikan dalam Journal Atlantis Press & IOP.

Penandatangan MoU

Diwaktu yang sama Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Hasnawi Haris. M.Hum sekalu ketua konsorsium juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa “konferensi ini adalah yang ke-7 kalinya, sedangkan seminar internasional adalah yang ke-3. Awalnya kegiatan diagendakan bulan juli 2020 namun karena situasi Pandemi maka pelaksanaan ditunda untuk penyesuain teknis”.

Prof. Dr. Jumadi. M.Si Dekan FIS selaku tuan rumah mengatakan bahwa “tujuan kegiatan ini selain “wadah pengembangan profesional keilmuan sebagai praktisi pendidikan dan penulis, juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota konsorsium & para akademisi, peneliti atau penulis baik dari dalam maupun dari luar negeri”.

Dalam pelaksanaan konference Internasional tahun ini, FIS sebagai Host IJCST juga menggadeng Co-Host pada sesi panel dari 13 universitas yang masuk dalam anggota konsorsium untuk mengatur jalannya kegiatan dengan harapan kegiatan lebih terstruktur. Semoga bisa sukses bersama mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan dunia pendidikan.