FIS-H UNM Studi Banding ke Surabaya dan Malang, Kunjungi 5 Kampus Ternama

Dalam rangka akselerasi akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar (FIS-H UNM) kunjungan kerja ke Surabaya dan Malang selama 4 hari, dari tanggal 1-4 Oktober 2023.

Dua bentuk kegiatan rombongan FIS-H UNM saat berkunjung ke Surabaya dan Malang yaitu Benchmarking (studi banding) dan Penandatanganan kerja sama.

Perguruan Tinggi yang dikunjungi yaitu Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Airlangga di Surabaya, kemudian Universitas Negeri Malang, Universias Brawijaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang di Kota Malang.

Kunjungan kerja diikuti oleh Pimpinan Fakultas, yakni Dekan dan Wakil Dekan, 9 Ketua Program Studi, Unit Penjaminan Mutu, dan Tenaga Kependidikan yang diwakili oleh Kepala Bagian dan Kepala Sub-Bagian dalam lingkup FIS-H UNM.

Hari pertama di Surabaya, Senin 2 Oktober 2023, Rombongan FIS-H UNM berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Fakultas Ekonomi serta Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (FISH UNESA).

Kunjungan ke FISH UNESA dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Prof Dr Andi Kasmawati, diikuti oleh Ketua Program Studi Sosiologi, Ketua Prodi Pendidikan Sejarah, Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi, Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, dan Ketua Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan..

“Kunjungan FIS-H UNM ke FISH UNESA tidak lain untuk saling belajar satu sama lain, saling menggali informasi terkait pelaksanaan kegiatan akademik pada kedua lembaga. Selain itu, penandatangan kerjasama antara program studi sejenis di antara kedua fakultas,” ucap Prof Dr Andi Kasmawati dalam sambutannya.

Rombongan diterima oleh Wakil Dekan bidang Akademik FISH UNESA, Dr Wiwik Sri Utami beserta seluruh Ketua Program Studi dan Tim Gugus Penjaminan Mutu.

Dalam sambutannya, Dr Wiwik menguraikan berbagai Program Kerja yang dilakukan serta target capaian yang sementara dilaksanakan jajaran FISH UNESA

“Kami menyambut gembira kedatangan teman-teman dari Makassar, kami berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat bagi kedua pihak. Terutama kerjasama yang akan ditandatangani tentu nantinya akan saling menguatkan implementasi capain Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi kewajiban masing-masing,” tutur Dr Wiwik.

“Kami berharap kerjasama ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan oleh masing-masing Program Studi, sehingga apa yang kita laksanakan hari ini tidak semata-mata seremoni tetapi bisa berkontribusi dan dikembangkan lebih jauh,” sambungnya.

Penandatanganan kerjasama yang dilakukan diakhir kunjungan, yaitu antara Prodi Sosiologi UNM dengan Prodi Sosiologi UNESA, antara Prodi Pendidikan Sejarah, Prodi Ilmu Administrasi Negara, Prodi Pendidikan IPS, dan Prodi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan.

“Kerjasama yang kami lakukan telah didahului dengan diskusi panjang terkait bidang atau kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan bersama. Kami sepakat bahwa tidak perlu banyak kegiatan tetapi ditekankan pada implementasi yang dapat dilakukan.”

“Sehingga hanya ada 4 point yang dituangkan dalam Memorandum og Agreement (MoA), yaitu pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, riset dosen, dan riset mahasiswa,” ujar Dr idham Irwansyah Idrus selaku Ketua Prodi Sosiologi UNM.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul FIS-H UNM Studi Banding ke Surabaya dan Malang, Kunjungi 5 Kampus Ternama Termasuk Unair dan Unibraw, https://makassar.tribunnews.com/2023/10/02/fis-h-unm-studi-banding-ke-surabaya-dan-malang-kunjungi-5-kampus-ternama-termasuk-unair-dan-unibraw.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *